TERAPI GURAH HIDUNG

KURSUS GURAH HIDUNG DAN TERAPI GURAH HIDUNG
Lembaga Kursus Gurah & Pengobatan Gurah Tradisional
No Izin : 2318/1.851.4
Dan Pengobatan Gurah Hidung
Dan Terapi Gurah Hidung

Kandungan obat Gurah Hidung THT dari tumbuhan sirgunggu pada. Daunnya mengandung unsur kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid flavon. Pada kulit akarnya terdapat glikosida fenol, manitol, dan sitosterol. Sementara kulit batangnya mengandung senyawa triterpen, asam ureanulat, asam kueretaruat, dan asam seratogenat.

021 99300400, 0815 8684 8600 No PIN BB 237 BE 306 ( Ibu Suharti )
Daun mengandung unsur kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid flavon, Akar mengandung glikosida fenol, manitol, dan sitosterol, kulit batang mengandung senyawa triterpen, asam ureanulat, asam kueretaruat, dan asam seratogenat

Jl. Malaka IV No 32 Rt 06/08 Perumnas Klender
Jakarta Timur 13460, Ph. 021 99300 400 (Siti), 021 7080 9957, 021 99300 100, 0815 969 8835, 0815 8684 8600 No PIN BB 237 BE 306 ( Ibu Suharti )
www.klinikakupunktur.com
www.yapeptri.com
www.herbalsalam.com
www.kursus-akupunktur.blogspot.com
www.klinikhijau.com
Diposkan oleh TERAPI GURAH HIDUNG di 18:08 Tidak ada komentar:
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook
Jumat, 16 September 2011
Sembuhkan Sinusitis dengan Terapi Gurah
SINUSITIS adalah peradangan pada rongga sinus. Sinusitis banyak ditemukan pada penderita hay fever, di mana terjadi pilek selama bertahun-tahun karena alergi terhadap debu dan aroma yang berbau tajam seperti bumbu masak.

Sinusitis terjadi juga karena bahan iritan, seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung.

Sinus atau yang biasa disebut dengan sinus paranilis ini adalah suatu organ udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tengkorak di sekitar wajah yang berfungsi untuk memperingan tengkorak. Rongga ini berjumlah empat pasang, kiri dan kanan, yaitu sinus frontalis yang terletak agak lebih dalam di belakang rongga mata dan dibelakang sinus maksilaris.

Dinding sinus terutama dibentuk oleh sel-sel penghasil cairan mukus. Udara masuk ke dalam sinus melalui lubang kecil yang menghubungkan rongga sinus dengan rongga hidung yang disebut dengan ostia. Jika lubang ini buntu, udara tidak akan bisa keluar-masuk dan cairan mukus yang diproduksi di dalam sinus tidak akan bisa keluar.

Faktor penyebab

Sinusitis dapat terjadi bila ada gangguan aliran udara dari dan ke rongga sinus dan gangguan pengeluaran cairan mukus. Selaput lendir dan hidung mengeluarkan cairan untuk membersihkan saluran pernapasan bagian atas dan berakibat terbentuknya lingkungan yang mempermudah pertumbuhan bakteri sehingga terjadi sinusitis bakteri.

Sinusitis sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, flu, alergi, dan bahan iritan yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi karena pemberian obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lainnya.

Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga ruang di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi bakteri, virus dan jamur. Hawa panas yang dihisap akan merangsang organ-organ disekitar hidung dan menimbulkan iritasi, sehingga kemungkinan timbulnya sinusitis menjadi lebih besar.

Selain itu, cara membuang ingus yang salah juga dapat menjadi penyebab karena sebagian dari ingus yang seharusnya keluar malah masuk ke rongga dan menjadi susah dikeluarkan kembali. Terkadang sinus juga dapat disebabkan oleh infeksi gigi. Dan biasanya mengenai sinus maksilaris atau rongga pada kedua pipi.

Jenis dan Gejala. Pada dasarnya sinusitis dapat dibagi menjadi dua tipe. Pertama, berdasarkan lamanya penyakit, seperti akut, subakut, dan kronis. Kedua, berdasarkan jenis peradangan yang terjadi, seperti infeksi dan non infeksi.

Disebut sinusitis akut bila lamanya penyakit kurang dari 30 hari. Disebut sinusitis subakut jika lamanya penyakit antara 1-3 bulan. Sedangkan disebut sinusitis kronis bila diderita lebih dari 3 bulan. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh virus, walaupun ada pula yang disebabkan oleh bakteri.

Sedangkan sinusitis non infeksi sebagian besar disebabkan oleh alergi dan iritasi bahan-bahan kimia. Sinusitis akut yang tidak mendapatkan pengobatan adekuat. Pada infeksi kronis, dapat keluar cairan dari hidung secara terus-menurus disertai nanah.

Pada dasarnya, gejala sinusitis yang paling umum adalah sakit kepala dan nyeri pada daerah wajah yang disertai dengan demam. Hampir 25 persen pasien akan mengalami demam yang berhubungan dengan sinusitis yang diderita. Gejala lainnya berupa wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri ketika akan menelan, dan batuk.

Beberapa pasien akan merasakan sakit kepala bertambah hebat ketika menundukkan kepala. Pada sinusitis karena alergi, penderita akan mengalami gejala alerginya seperti gatal pada mata dan bersin-bersin.

Terapi gurah

Selain dengan operasi, sinusitis juga dapat disembuhkan dengan terapi. Salah satunya adalah terapi gurah. Menurut Idat Permana, dahulu, ilmu gurah dikuasai oleh para kyai atau guru mengaji untuk menggurah santri-santrinya agar suaranya menjadi bagus atau merdu.

Gurah dalah tindakan membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun, dan mengandung berbagai kuman penyakit. Terapi ini bermanfaat mengeluarkan dahak atau lendir yang terdapat di rongga hidung dan tenggorokan.

Biasanya terapis meminta pasien untuk tidur telentang. Lalu cairan yang berasal dari tumbuhan tertentu dimasukkan ke dalam lubang hidung. Setelah beberapa saat, barulah si pasien diminta untuk tengkurap. Pada saat itulah proses pengeluaran dahak dilakukan.
Sumber: Okezone.com

Alamat :
1. LEMBAGA PENDIDIKAN AKUPUNKTUR YAPEPTRI
2. KLINIK AKUPUNKTUR PELANGSINGAN, KECANTIKAN, KESEHATAN
Jl. Malaka IV No. 32 A&B, Rt.006 Rw.008
Perumnas Klender JAKARTA TIMUR
Telp: (021) 99300 400, 99300 100, 7080 9957, 9820 5924
Hp: 0815 8684 8600 (Pimpinan: Salomo, SE, M.Si)
www.yapeptri.com
www.klinikakupunktur.com
www.herbalsalam.com
www.klinikhijau.com
http://terapigurah-hidung.blogspot.com/

Nama: lela

Phone: 02199300400

Email: gurah3@yahoo.com

Website: http://terapigurah-hidung.blogspot.com/